Guyon Waton; Ora Masalah

Sebener e, ini adalah ide iseng yang mak bedunduk muncul di kepala. Dan ndilalahe kog ya cen lagu-lagu dari grup ini itu apik-apik. Jadi, di Jogja ada satu grup musik namanya Guyon Waton. Saya masih kurang yakin ini grup dari Bantul atau dari Kulon Progo, tapi nek dari Jogjanya saya yakin. Hehe

Nah, ide iseng saya adalah, saya akan membuat satu tulisan berdasarkan dari cerita atau bisa juga lirik lagu Guyon Waton. La nek saya rasa-rasa ki cen lirik mereka ki apik. Dan ndilalah e, aransemen lagune ki ya masuk pak eko, la wong ada dangdut dan kencrungnya. Ya jaman saiki banget nek untuk ukuran anak muda nanggung.

Untuk kali ini, yang saya mau coba ceritakan ya yang judulnya Ora Masalah. Nek saya rasa-rasa ne, ini lagu ya berkisah tentang dua orang yang ndisike ki saling sayang e la kog reti-reti salah sijine lamis. Ninggalne. Nah nek perkoro ninggalke ini, entah pas lagi sayang-sayang e apa ora, saya ya kurang paham.

Meskipun ya ditinggalkan, jebulane tidak ada rasa yang harus berlarut-larut dalam kegalauan. Jadi, sepertinya memang ini yang ditinggalkan ini kewarasannya masih jalan sangat bagus. La wong langsung bisa ambil tindakan untuk nggak usah berlarut-larut.

Ora masalah ditinggalne wong itu sudah digariskan. Toh, rasa sayang yang selama ini ada ya cuma di bibir, diibaratkan seperti ketela. Ketela itu, kalau direbus memang empuk tetapi bikin seret tenggorokan. Meskipun sakitnya sampai ke ulu hati, hidup tidak menjadi spaneng wong ya selama ini hidup bersama ya sama aja. Ora masalah wong sabarnya torah-turah alias sisa-sisa. Saking berlebihnya kesabaran, sampai bersisa banyak banget.

Itu nek cerita versi saya dari lirik yang saya coba artikan loh ya. Nek dari cerita saya sendiri berdasar dari judulnya. Jane, kabeh masalah urip ki nek prinsipnya adalah “Ora Masalah”, sepertinya ya hidup akan dilalui dengan biasa-biasa saja. Nggak punya uang, tapi mau makan. Ora masalah, masih bisa ngutang. Kalau ada yang percaya mau ngutangi. Kalau tidak? Ya coba ngrepoti tetangga, kalau punya nyali.

Punya masalah asmara, ora masalah. Hidup tanpa cinta nek jarene salah seorang penyanyi dangdut bagai taman tak berbunga. Tapi, untuk sementara tidak berbunga dulu juga nggak papa. Wong juga baru menyiapkan lahannya supaya bisa ditanami bunga. Punya masalah apa lagi? Nek kabeh-kabeh digawe “ora masalah” kayaknya ya hidup damai-damai saja nek dilihat dari luar. Perkara otak menguap dan hati ambyar ora karuan ya ben cukup dirasakne dewe wae. Ngonoo kan ya? Hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s